Rabu, 16 Desember 2015

PEMKAB BOGOR Meraih Juara Keterbukaan Informasi Publik 2015


Untuk ketiga kalinya, Tahun 2015 ini Kabupaten Bogor secara konsisten berhasil mempertahankan pelayanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) terbaik se-Jawa Barat. Terbukti, pada tahun ketiga anugrah penghargaan KIP tingkat jawa Barat, Kabupaten Bogor kembali menjadi juara umum secara berturut-turut. Penghargaan diberikan langsung Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor di Hotel Savero Golden Flower, Jalan Asia Afrika, Bandung.

Wakil Gubernur Dedy Mizwar mengatakan kegiatan ini sebagai momentum meningkatkan pelayanan publik di bidang Keterbukaan Informasi Publik di tingkat kabupaten dan kota se-Jawa barat. Serta dalam rangka penguatan Jawa Barat Cyber Province yang yang tentunya erat kaitannya dengan teknologi informasi.

“Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memegang peranan penting dalam akselerasi pembangunan sebagaimana dipraktekan Negara-negara maju di dunia. Inovasi dan kreatifitas di bidang TIK harus terus didorong, dalam hal ini Pemprov jabar terus menekankan pentingnya TIK dalam tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik”, kata Demiz.
Saat ini, lanjut Demiz, kami terus berupaya menghubungkan secara digital semua instansi yang ada di Jawa Barat, dan hasilnya telah mulai kami rasakan. Kami juga senantiasa melakukan upaya proses transformasi penyelenggaraan pemerintahan melalui sistem elektronik.

Pemerintah Kab. Bogor menyambut baik Kominfo Awards 2015 dan pemeringkatan badan publik terbaik dalam KIP ini. Adapun penilaiannya dilihat dari penerapan e-government di kota dan kabupaten. Melalui penghargaan ini saya berpesan teruslah semangat meningkatkan kreatifitas dalam pemanfaatan TIK dalam mendukung visi Jabar termaju dan menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tantangan kedepan Jawa Barat untuk menjadi Cyber Province, TIK harus masuk ke setiap desa terpencil sekalipun. Jadi tidak ada lagi di Jawa Barat daerah-daerah blank spot.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachman, ini pertama kalinya untuk Diskominfo Jabar memberikan penghargaan-penghargaan. Hal ini untuk memacu peningkatan kinerja pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan juga mengikutsertakan masyarakat dalam membangun Kominfo. Saat ini kita memberikan penghargaan untuk tiga bidang, pertama di bidang komunikasi dan informatikanya, kedua bidang informasi dan yang ketiga bidang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). “Dari kegiatan ini juga kabupaten kota bisa membandingkan benchmark-nya ada di mana, dari sisi informasi komunikasi dan LPSE. Kita juga memberikan dorongan kepada masyarakat seperti lomba foto, film dokumenter, dan ada komunitas yang punya kapasitas kita hargai dan kita berikan apresiasi”, ujar Dudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor Wawan Munawar Sidik, menjelaskan, Kabupaten Bogor secara berturut-turut tiga kali menjadi juara umum, ini tentunya atas hasil daya dan upaya serta kerja keras semua pihak. Tentunya yang terpenting adalah dukungan dan komitmen pemimpin daerah sehingga kita bisa terus semangat meningkatkan kinerja dan terus menerus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya di bidang KIP.

“Tahun ini kita kembali mendapat penghargaan di lima kategori dan menjadi juara umum. Kategori tersebut diantaranya, peringkat pertama kelembagaan PPID terlengkap, peringkat pertama penerapan undang-undang KIP terlengkap, peringkat kedua pelayanan informasi terlengkap, peringkat ketiga pelayanan informasi setiap saat terlengkap, dan peringkat ketiga pelayanan informasi berkala terlengkap”, jelas Wawan. Wawan menambahkan, dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Jabar sendiri menyatakan apresiasinya yang luar biasa untuk Kabupaten Bogor yang secara konsisten mempertahankan prestasinya. Wagub juga mengatakan ini bisa menjadi pemicu bagi kabupaten kota yang lainnya.

“Tentunya kita tidak boleh lantas puas sampai disini, kedepan kita harus lebih baik lagi terutama dalam bidang KIP. Hal ini juga dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia yang diiringi dengan prestasi dan pelayanan yang baik kepada masyarakat”, tambah Wawan.

Sumber : bogorkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar