Rabu, 09 Desember 2015

Tips Mengisi Lembar Jawaban Ujian Nasional (UN)

Sebagian besar siswa SD, SMP, atau SMA pasti pernah berhadapan dengan yang namanya Ujian Nasional (UN) secara konvensional. Artinya, kamu harus tahu cara terbaik mengisi lembar jawaban ujian nasional.

Pertama-tama, pastikan kamu memiliki semua peralatan ujian yang dibutuhkan. Siapkan minimal dua pensil 2B, satu penghapus dan satu rautan. Kemudian, perhatikan tips mengisi lembar jawaban ujian nasional berikut ini agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Pensil
Pensil 2B dipakai dalam ujian nasional karena kadar kehitaman inti pensil (leads) 2B dinilai paling tepat agar mesin pemindai (scanner) membaca sempurna lembar jawaban ujian nasional. Pastikan kamu memilih pensil 2B terbaik dan bukan barang palsu, ya! Agar maksimal, genggam pensil dengan cara yang benar yaitu menggunakan jempol, telunjuk dan jari tengah. Cara ini memengaruhi syaraf di otak dan membuatmu lebih mampu berkonsentrasi.

  • Penghapus
Pilih penghapus lembut yang dikhususkan untuk pensil 2B. Teksturnya yang lembut tidak akan merusak kertas. Selain itu, pastikan penghapus pilihanmu bebas debu. Pasalnya, sisa debu yang tertinggal di lembar jawaban ujian nasional akan menyulitkan scanner membaca hasil ujianmu.

  • Papan alas
Terkadang ada kerusakan kecil pada meja sekolah. Jadi, sebaiknya kamu siapkan juga papan alas untuk menadahi lembar jawaban ujian nasionalmu. Selain itu, tekanan langsung pensil pada lembar jawaban ujian nasional yang bersentuhan langsung dengan meja akan memengaruhi scanner dalam memindai jawabanmu. 

  • Pembulatan
Ikuti instruksi pembulatan kolom jawaban. Penuhi kolom tersebut dengan sempurna dan tidak keluar dari garis pembatas. Kamu bisa juga menggunakan penggaris yang sudah dilengkapi bulatan-bulatan untuk menghitamkan lembar jawaban ujian nasional sebagai alat bantu.

  • Ketepatan
Jangan sembarangan mengisi identitas di lembar jawaban ujian nasional. Isi nama dan nomor pesertamu sesuai kartu identitas peserta ujian nasional. Tulis dulu namamu secara lengkap, kemudian bulatkan tiap hurufnya. Kamu juga tidak boleh mencorat-coret lembar jawaban ujian nasional, terutama di bagian identitas. 

  • Konsistensi
Pastikan kamu menulis nama dengan cara yang sama setiap hari. Misalnya, jika di hari pertama kamu menulis nama Sandra Putri, maka jangan menulis S Putri di hari kedua. Ketidakkonsistenan ini akan memengaruhi hasil pemindaian lembar jawaban ujian nasional dan memengaruhi nilaimu.

Satu hal yang enggak kalah penting, berdoa dahulu sebelum mulai mengerjakan soal ujian nasional, ya.
Semoga sukses.


Sumber : krjogja.com

1 komentar: